Maksimalkan Kecepatan Website Untuk Tampil di Halaman 1

Maksimalkan kecepatan website untuk tampil di halaman 1 Google. Semakin cepat website untuk di load, akan semakin besar pula potensinya untuk bisa tampil di halaman 1 Google. Pasalnya, google kini lebih menyukai website yang memiliki speed load kurang dari 3 detik. Jika lebih dari itu, akan sulit untuk mencapai halaman 1 Google. Upaya untuk menaikkan peringkat website dengan mengoptimasi kecepatan adalah salah satu teknik SEO. Lalu, seperti apa cara optimasi kecepatan website yang baik ? Yuk baca artikelnya sampai habis.

BACA JUGA : Belajar SEO untuk pemula 

Maksimalkan kecepatan website studio kreatif malang

Jika masih bingung untuk mengukur berapa kecepatan sebuah website. Cobalah beberapa tools gratis yang tersedia, seperti GT Metrix. Alat ini dapat mengukur berapa detik sebuah website di load hingga selesai. Selain itu, terdapat berbagai informasi seperti sumber apa saja yang membuat website sangat lemot. Misal, ukuran gambarnya terlalu besar, ukuran html terlalu besar, ukuran css terlalu besar, dsb. Setelah anda mengetahui penyebab lemotnya website, cobalah untuk memperbaikinya.

BACA JUGA : Ingin website tampil di halaman 1 ? Anda wajib mengetahui faktor-faktornya

Untuk memperbaikinya tidak boleh sembarangan. Anda harus mengerti apa yang menjadi letak masalah lemotnya website terlebih dahulu. Bagi pengguna wordpress, kami sarankan untuk menggunakan plugin seperti WP Rocket atau Litespeed Cache. Kedua plugin tersebut dapat digunakan untuk minize file HTML, CSS, dan Javascript. Fungsi dari minimize adalah mengurangi ukuran file yang sebelumnya besar, jadi kecil. Semakin kecil ukuran file anda, maka semakin cepat pula mesin membaca baris program tersebut.

BACA JUGA : Tips cepat untuk menaikkan peringkat website hanya dalam waktu 2 bulan menggunakan SEO

Jika pada suatu kasus, ternyata yang membuat website lemot adalah ukurang file gambar. Maka solusinya adalah dengan mengurangi ukuran filenya tanpa menghapus gambarnya. Cara ini bisa anda lakukan dengan menggunakan plugin Smush. Dengan menggunakan plugin ini anda dapat mengurangi ukurang file gambar menjadi lebih ringan. Selain itu agar website lebih cepat, aktifkan juga fitur lazy load image. 

Fitur lazy load images adalah sebuah untuk menampilkan gambar jika user telah melakukan aksi pada website tersebut (misal : user melakukan scroll ke bawah). Sehingga, jika user hanya melihat halaman depan tidak sampai footer, maka gambar yang dibawah tidak akan dieksekusi. Dengan hal ini, proses pembacaan baris program lebih cepat. Ketika hendak mengupload sebuah gambar pada post/pages jangan lupa untuk selalu memberikan alt gambar.

Karena jika sebuah gambar tidak memiliki alt. Akan melukai seo website anda secara keseluruhan, jadi perbaikilah.

 

4 thoughts on “Maksimalkan Kecepatan Website Untuk Tampil di Halaman 1”

  1. Pingback: Mengenal lazy Load Image - Studio Kreatif Malang

  2. Pingback: Cara minimize file HTML CSS dan Javascript

  3. Pingback: Apa itu Web Hosting ? - Studio Kreatif Malang

  4. Pingback: Tools Gratis Untuk Mengukur Kecepatan Website

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *