Macam – Macam Search Engine

Macam-macam search engine di dunia yang perlu diketahui di Tahun 2022. Search engine adalah sebuah mesin pencari yang menyajikan sebuah informasi berdasarkan kata kunci tertentu. Masing-masing search engine memiliki algoritma yang berbeda sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Memahami cara algoritma bekerja pada sebuah search engine dapat memudahkan untuk memaksimalkan SEO.

BACA JUGA : Bagaimana cara search engine bekerja ? 

Dari sekian banyak jenis search engine yang ada di dunia. Google menjadi salah satu jenis search engin yang menjadi raja beberapa dekade terakhir. Fitur dan kecepatannya dalam menampilkan informasi kepada user menjadi salah satu pilihan utama.

Lalu sebenarnya apa saja macam-macam search engine yang ada di dunia ini ? Yuk baca artikel sampai habis biar lebih paham!

macam-macam search engin versi studio kreatif malang

Macam-Macam search engine yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut :
  1. Google. Pendiri dari search engine ini adalah Lary Page dan Sergey Bin. Mereka beranggapan bahwa situs web yang dirujuk oleh situs lain adalah lebih penting. Untuk mendapatkan peringkat yang baik di hasil penelusuran. Hingga saat ini, Google masih menjadi search engine yang sangat populer digunakan diseluruh dunia. Selain disediakan secara gratis, juga memiliki fitur dan produk yang menarik.
  2. Bing. Salah satu pesaing google untuk produk search engine adalah Bing. Search engine ini dibuat oleh perusahaan yang berbasis sama di Amerika yaitu Microsoft. Merupakan penyempurnaan dari produk sebelumnya, yaitu MSN Search dan Windows Live Search. Yang menjadi ciri khas search engine ini adalah menampilkan informasi berita pada halaman home.
  3. Yahoo!. Didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada tahun 1994.  Search engine ini pernah menjadi penguasa pasar pada masanya. Hingga mencapai valuasi pasar sebesar $125 miliar pada tahun 2000. Yang membuat Larry Page sebagai pendiri Google mencoba menjualnya ke Yahoo!. Namun Yahoo! menolak. Seperti yang kita ketahui, kini Yahoo! di berdayakan oleh Microsoft salah satu pembuat search engine Bing.
  4. Baidu. Search engine ini lebih populer di kawasan China. Karena search engine mampu menguasai pasar di China untuk search engine dengan jumlah market 75 persen pada tahun 2019. Google hanya mampu merebut 2% dari pasar China. Strategi terkenal yang digunakan oleh Baidu untuk memenangkan persaingan adalah dengan menerapkan “Tembok Api Besar China”. Yaitu operasi sensor online terbesar dan tercanggih di dunia. Namun, untuk market secara global presentasinya kecil. Search Engine ini memang dibuat di Beijing, China. Sehingga sangat terkenal di China.
  5. Yandex. Search engine ini boleh terbilang regional. Hampir mirip dengan Baidu, yang hanya populer dibeberapa kawasan saja. Jika Baidu terkenal di negara China karena memang dibuat disana, maka Yandex merupakan search engine yang terkenal di Rusia. Karena search engine ini dibuat di Rusia. Dan memiliki fitur yang hampir mirip google.

Itulah macam-macam search engine di dunia yang perlu di ketahui.

BACA JUGA : Cara cepat menaikkan peringkat situs dengan SEO 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *