Cara Search Engine Bekerja

Cara search engine bekerja (Crawling, Indexing,  Rangking). Memahami cara kerja search engine bekerja adalah sesuatu hal yang wajib agar sukses untuk menjalankan strategi SEO. SEO adalah teknik yang digunakan untuk menaikkan peringkat sebuah situs secara gratis. Menggunakan pendekatan yang disukai oleh search engine. Jadi, memahami cara kerja  search engine sangatlah penting untuk seorang SEO spesialist.

BACA JUGA : Belajar SEO untuk pemula 

Tentu, sudah mengerti apa itu search engine kan? Mereka adalah mesin pencari seperti Google, Bing, Mozilla Firefox dll.

Sebenarnya gimana sih caranya search engine itu bekerja ? Search engine berkerja melalui tiga tahapan, yaitu crawling, indexing dan rangking.

Ingin belajar lebih lanjut ? yuk baca artikelnya sampai habis!

Cara search engine bekerja studio kreatif malang

Telah disebutkan  di atas bahwa terdapat tiga tahapan yang dilakukan oleh search engine yaitu crawling, indexing dan rangking.

Crawling adalah proses yang dilakukan oleh mesin pencari terhadap url sebuah situs. Ketika sebuah situs sudah bisa di crawling oleh search engine, itu artinya situs tersebut sudah terdeteksi oleh search engine. Cara agar sebuah situs  bisa di crawling oleh search engine adalah melalui sitemap.

BACA JUGA : Cara cepat menaikkan situs di halaman 1 Google hanya dalam waktu 2 bulan 

Setelah situs berhasil di crawl oleh search engine, belum jaminan bahwa situs sudah bisa ditemukan di hasil pencarian. Untuk mengetahui apakah situs sudah bisa ditemukan di hasil pencarian yang paling mudah adalah dengan mengetikkan nama domain di mesin pencari. Misal situs anda memiliki nama domain “griyabangunindonesia.com” maka coba ketikkan griya bangun indonesia di mesin pencari.

Jika sudah bisa muncul di halaman 1, maka situs anda sudah terindeks. Namun jika tidak muncul, besar kemungkinan situs masih belum terindeks. Indexing yang dilakukan oleh search engine adalah proses filter yang dilakukan oleh search engine apakah sebuah link situs layak di tampilkan di hasil pencarian. Agar situs link dapat terindeks oleh search engine, harus memperhatikan beberapa faktor. Seperti kebergunaan seluler, duplikasi, dan plagiarisme.

Cara mengetahui apakah sebuah situs sudah terindeks oleh search engine adalah menggunakan Google Search Console dan Bing webmaster.

Setelah situs berhasil di crawling dan di indeks, selanjutnya search engine akan melakukan peringkatan situs  (rangking). Terdapat berbagai faktor yang bisa membuat situs berada di halaman 1 search engine. Misal, kecepatan sebuah website, konten, plagiarisme, link building dsb.

Tiga hal tersebut dapat di perhatikan dan dianalis di Google Search Console. Jadi, jangan lupa untuk mendaftarkan situs  di Google Search Console.

 

2 thoughts on “Cara Search Engine Bekerja”

  1. Pingback: Macam – Macam Search Engine - Studio Kreatif Malang

  2. Pingback: Cara membuat meta description yang baik untuk SEO

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *