Cara minimize file HTML CSS dan Javascript

Cara minimize file HTML CSS dan Javascript untuk mempercepat loading sebuah website. Semakin cepat sebuah website maka akan semakin besar pula peluang untuk tampil di halaman 1 Google. Jika sebuah website sudah berada di Halaman 1 Google, keuntungan yang didapatkan banyak. Mulai dari menaikkan traffic hingga mendorong penjualan.

BACA JUGA : Cara memaksimalkan kecepatan website dibawah 3 detik

Salah satu cara untuk mempercepat load sebuah website adalah dengan cara meminimize file HTML, CSS dan Javascrip yang ada. Lalu apa itu sebenarnya minimize? dan bagaiamana cara melakukannya? Untuk mengetahui jawabannya, Yuk baca artikelnya sampai habis!

Cara minimize file HTML CSS dan Javascript studio kreatif malang

Apa itu minimize file HTML CSS dan Javascript?

Minimize file HTML CSS dan Javascript adalah proses untuk menghilangkan baris kode yang tidak dibutuhkan dan menuliskan baris kode mendatar panjang. Jika bari kode biasanya ditulis dengan menggunakan banyak komentar dan enter. Hal itu akan dihilangkan jika ingin meminimize sebuah file. Seperti yang diketahui bahwa coding itu dibaca dari atas ke bawah, kir ke kanan. Jadi semakin banyak enter yang di lakukan dan semakin banyak baris di dalam file HTML, CSS atau Javascript. Maka akan semakin lama pula, mesin untuk membaca file tersebut.

Selain membuat mesin pencari lama dalam membaca keseluruhan coding. Teknik tersebut akan membuat ukuran file HTML CSS atau Javascript semakin besar. Seperti yang diketahui semakin besar file, juga tidak akan baik untuk SEO. Oleh karena itu, melakukan minimize pada file tersebut akan membuatnya lebih cepat.

Cara untuk minimize adalah sebagai berikut :

Cara untuk melakukan minimize adalah menggunkan plugin cache. Misal, Wp Rocket, LiteSpeed cahce, Autoptimize dll. Jika menggunakan web hosting hostinger, kami sarankan agar menggunakan plugin Litespeed Cache. Karena hostinger sendiripun merekomendasikan untuk menggunakannya.

 

BACA JUGA : Cukup 2 Bulan, Studio Kreatif Malang sudah bisa bikin website tembus di halaman 1 Google

 

Pilihlah salah satu dari beberapa plugin cache diatas. Tidak boleh dipakai kedua-duanya karena akan muncul warning (peringatan). Menggunakan Wp Rocket sebagai plugin untuk melakukan minimize adalah pilihan yang sangat bagus. Karena didalam WP Rocket terdapat fitur yang bisa digunakan utnuk menghilangkan syntaks CSS yang tidak digunakan. Jika tidak mengerti bagaimana cara mendapatkannya, cobalah menggunakan jasa maintenance website dari Studio Kreatif Malang.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *